Rabu, 23 Maret 2011

Kegiatan RW 04 Jakamulya , Bekasi Selatan.penanggulangan Flue burung ( Avian Influenza )

Pertemuan anatar Warga Rw 04 dengan Teanm Penaggulangan dan  Pemburu Flu Burung Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkot Bekasi.

Ketua RW dengan Team Dinas PETERNAKAN DAN Kesehatan Hewan Bekasi

Bp Sumarsono dari RW 05 ikut hadir .

Ibu Dokter dari Dinas Kesehatan Hewan menerangkan tentang Flu Burung di Pendopo RW 04 Jakamulya Bejkasi Selatan

Ketua RW 04 dengan para Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkot Bekasi yang berbaju cokelat .

Dokter Hewan dari Pemkot Bekasi menerangkan cara pentyebaran Flu burung dan cara pencegahannya .

Salah satu Pimpinan dari Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan Hewan Pemkot Bekasi., tgl 23 - 03 - 2011 di RW 04  Jakamulya Bekasi Selatan

Doker hewan yang bertugas mengadakan sosialisasi pemusnahan unggas dan burung di RW 04 Jakamulya Bekasi tanggal 23 Maret 2011 .
Hari Selasa tanggal 22 Maret 2011 . ada undangan Rapat mendadak pada jam 20.00 di Pendopo RW 04 Jakamulya Bekasi Selatan .
Pertemuan malam jam 20.15 yang utama adalah membahas adanya Perintah dari Pemrintah Kota Bekasi Dinas Perekonomian Rakyat , dimana ada surat No 524.3/166/Dispera III/2011 yang bersifat segera perihal Pemusbahan unggas unggas di RW 04 . Yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2011 jam 10.00  Hal tersebut adalah menindaklanjuti kejadian flu burung pada manusia di Kelurahan Jakamulya  dan konfirmasi hasil pemeriksaan Laboratorium dari Balai Besar Penelitian Veteriner Kementerian Pertanian  Bogor .

Maka Dinas Perekonomian Rakyat Bekasi cq bidang peternakan  dan kesehatan hewan akan melalukan tindakan pencegahan dan pengendalian  flu burung dengan focal culling / pemusnahan unggas dan disposal di RW 04 Jakamulya.
dalam pertemuan tersebut agar para Ketua RT 01 s/d Ketua RT 04 dan Pengurus RW mendampingi para pelaksanaan Pemusnahan unggas .
Pemusnahan dipimpin oleh Drs . H Abudin , MSi sebagai Pit Kepala Dinas Perekonomian Rakyat Pemkot Bekasi.

Hari Rabu tanggal 23 maret 2011 jam 10.00 datang rombongan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Pemkot Bekasi untuk melaksanakan Pemusnahan unggas unggas dan sangkar yang ada di lingkungan RW 04 Jakamulya , Bekasi .
Setelah diadakan pertemuan antara Ketua RW 04  dan Pengurus serta para ketua RW 04 ,RW 05 dan RW 06  dengan rombongan dari Dimnas Peternakan dan Kesehatan Hewan diputuskan pemusnahan akan dilakukan pada hari Sabtu
tanggal 26 Maret 2011  di RW 4 atau Lokasi yang kosong dekat perbatasan RW 04 dan RW 05 dekat Toko Material .


Diterangkan juga oleh Doker Hewan bagi hewan2 yang negatip tidak mengandung virus H1 dan  N5 ikut dimusnakan .Apabila burung2 sudah dibawa keluar maka burung2 tersebut tidak boleh masuk lagi kelingkungan RW 04 .

Diberitahukan kalau mau kompos dari kotoran hewan agar dibakar dulu biar virisnya mati , baru dimasukkan kedalam pot bunga / pot tanaman liannya.
Virus N5 dan H1 kalau diair tahan hidup 1 bulan , kalau berdiam di kotoran burung dapat betahan 3 bulan.

Untuk menjaga kesehatan agar setiap memegang daging ayam , atau makanan lainnya hendaknya cuci tangan dulu pakai  sabun anti bacteri , disinfectan  agar virusnya dapat mati . Kalau hanya dicuci dengan air biasa tanpa sabun maka virus masih dapat hidup 1 bulan.

Flue burung ( Avian  Influenza ) adalah penyakit unggas yang sangat menular dan mematikan yang disebabkan virus Influenza tipe A serptipe H5N1 dan termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae .
Kedua penyakit AI atau Flue burung terjadi sejak tahun 2003 dan mengakibatkan kematian dalam jumlah besar dalam waktu sangat singkat.

Penyakit flue burung ini menyerang pasda bangsa burung termasuk didalamnya , ayam buras , ayam petelor , burung puyuh dan itik .

Tanda tanfa penyakit flue burung pada golongan burung antara lain :
- Jengger , Pial , Kulit perut yang tidak ditumbuhi bulu berwarna biru keunggulan.
Kadang kadang ada cairan pada mata dan hidung.
Pembengkakan didaerahbagian muka dan kepala .
Perdarahan dibawah kulit.
Bintik bintik perdarahan pada daerah dada kaki dan telapak kaki
Batuk , bersin dan ngorok .
Cara penulran -  Langsung : kontak langsung dengan unggas yang sakit .
Tidak langsung :
Cairan/ leleran yang keluar dari hidung atau mata .
Kotoran / faces unggas yang mati.
Manuasia lewat sepatu dan pakaian .
Pakan , air dan peralatan yang terkena kuman
Udara yang beredar dalam kandang
Pengobatan :  elum ada pengobatan yang dapat dilakukan terjadi penyakit  flu burung, oleh karena tu satu satunya jalan adalah pencegahan .

Langkah langkah pengendalian dan pencegahan penyakit  dan pencegahan  flu burung  :

1.  Biosecurity
    - Yaitu pembatasan lalu lintas peternakan : dengan membatasi orang yang keluar masuk kandang dan diusahan orang yg / pekerja yg berada dalam kandang sehat .
      Disinfeksi tindakan mensucikan semua sarana dan prsaranna kand. Disinfektan sederhna sediaan parasetat , hidroksi peosida , sediaan ammonium kuartener , formalin 2- 5 % , atau deterjent / sabun cuci .
ang
2. Pemusbahan selektif unggas / depopulasi.
3.  Vaksinasi .

Untuk keterangan yang lebih detail dapat menghubungi : Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perekonomian Rakyat dan Koperasi , Jalan Ahmad Yani No 1 Bekasi 17144, Telepon 889 578 15.

Tidak ada komentar: