Jumat, 15 Juni 2012

Pembuatan pagar Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ) RW 04 Jakamulya Bekasi Selatan.

Hari Jum'at  pagi hari tanggal  15 Juni 2012 , mulai diadakan pengelasan pagar tanaman dengan besi beton 10 mm .  Tiang dari besi siku .
Pengelasan dilakukan oleh Bapak Sugeng warga Rt 02 RW 04 , kebetulan beliau adalah ahli ngelas Mobil2 di bengkelnya sendiri yang terletak di dekat Pasar Jamblang  dan mempunyai peralatan pengelasan yang lengkap milik sendiri ..

Hari itu bengkel mobilnya Bp Soegeng  khusus body repair dan pengecatan  sementara tutup , karena waktunya dipergunakan untuk membuat pagar  TOGA dengan mesin las nya sendiri .

Sebelumnya TOGA  dipagar dengan bambu bambu , tetapi tidak lama sudah pada rapuh karena kena hujan sehingga lama lama roboh .

Dengan pagar besi diharapkan akan lebih kuat dan lebih bagus .

Selain itu lapangan olah raga juga sedang diratakan dengan ditambal sement untuk bagian yang retak retak , penembelan dan perataan lantai sementara ini khusus dilapangan Voly . Setelah rata akan diberi cat khusus untuk lantai warna hijau .
Sedang bagian lain akan menyusul pengerjaannya .

Proyek lapangan dan  pagar TOGA dibawah Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan yaitu Bp Gunarwin .

Semua pekerjaan di RW 04 sudah terencana sehingga tidak dapat mendadak dilakukan secara sepihak tanpa perencanaan dan musyawarah , ( kecuali dalan keadaan yang darurat , dimana harus segera dilaksanakan karena berhubungan dengan keselamatan jiwa manusia )   , sebab berhubungan dengan dana , tenaga dan waktu nya .  Bagi warga yang  tidak setuju dengan rencana RW 04 dapat mengajukan secara tertulis kepada Ketua RW  04 alasan tidak setuju dan jalan keluarnya , supaya tidak ada timbul kesalah fahamam dan fitnah . Dimana fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan.

Inilah gambar gambar warga RW 04 Jakamulya , Bekasi  Selatan  yang ikut membantu mengelas pada hari Jumat Pagi dan sore hari  ( foto diambil oleh Bp Purnomo SA  dengan kamera  8 MP Nikon Colpix L19 ) .:

Bpk Sugeng kaos merah yang mengelas pagar besi  buat TOGA RW 04 Jakamulya , Bekasi  Selatan.

Peralatan alat alat las yang dibawa oleh Bpk. Sugeng , yang sehari hari digunakan untuk body  repair mobil , seharian dipakai untuk pengelasan pagar TOGA RW 04 .

Bapak Sugeng dan Bapak Gunarwin sedang mengelas satu persatu setiap tiang.

Tampak Bp Sugeng , Bp Gunarwin , Bpk Susanto Widodo , Tukang yang menyemen Lapangan ikut bantu  memasang tiang2 besi  siku, Sekretaris RW Bp Purnomo adalah fotograpernya.

Taman yang sudah dipagar , nantinya bagian tengah antara tiang satu dengan lainnya diberi tiang lagi agar tidak melengkung . Setelah pagar jadi tanaman yang pada mati akan diganti dengan yang baru oleh Bpk Asmoro .

Bapak Susanto Widodo Seksi Humas/seksi  repot dengan mempersiapkan minuman dan makanan buat yang ngelas yang para pembantunya dan yang ikut  mengelas .

Bapak Asmoro calon Ketua RT 03 /RW 04 Jakamulya sedang membantu menarik kabel listrik

Bp. Gunarwin. Bp Juharta , Bp Sugeng , dan Bp Leman ikut membantu proses pengelasan , karena Bp Sugeng sebetulnya sedang ga enak badan kakinya juga rada sakit karena asam uratnya sedang tinggi ..

Bapak Sugeng bawa bangku kecil untuk duduk sambil mengelas .

Kerja bersama secara gotong royong saling membantu pelaksanaan pengelasan pagar TOGA.

Pohon jambu air disebelah timur berdasarkan musyawarah diantara Pengurus RW dengan SEksi Pemeliharaan Taman telah diputuskan untuk dipangkas agar tanaman TOGA dapat sinar dipagi hari , selain itu  buahnya banyak ulatnya dan daun daun banyak sekali yang berjatuhan , sehingga harus dibersihkan setiap hari . Disamping itu masih ada pohon jambu air yang sudah berbuah terletak beberapa meter dari pohon yang dipangkas.

Pohon mangga yang tinggi dan rindang dibelakang Pendopo RW 04 , banyak berguna untuk mengurangi panas teriknya sewaktu ada kegiatan Posiandu di Pendopo . Pohon ini banyak mengeluarkan Oxygeen diwaktu siang bagus untuk kesehatan dan berteduh.   Rencananya juga akan ditebang sambil menunggu dana yang cukup dan menunggu pohon2 disampingnya sudah cukup besar., sebagai pengganti nya apabila mangga yang besar telah ditebang . Ada beberapa warga yang minta segera ditebang habis ,  Memang ada rencana mau ditebang tetapi belum sekarang , karena dana2 sedang dipergunakan untuk perbaikan lapangan , pemagaran TOGA , biaya penebangan beberapa pohon kelapa yang  membahayakan warga apabila ada angin besar bertiup  , yg letaknya dipinggir kali .
Ketua RW 04 sdh tahu pohon mangga yang tinggi akan ditebang juga hanya waktunya belum sekarang, keputusannya juga dengan musyawarah diantara pengurus RW dan ketua RT yang mewakili warga. Bagi warga RW 04 yang tidak tahu rencana rencana yang akan dilakukan dapat bertanya kepada Pengurus RW agar jelas .

Tidak ada komentar: