Sabtu, 26 Maret 2011

Hari Sabtu 26 Maret 2011 Pemusnahan Unggas & burung , ayam di RW 04 Lokasi RW 05 Jakamulya.Bekasi Selatan.

Pada tanggal 26 Maret 2011 Hari Sabtu , pagi hari Bp Susanto Widodo dan Purnomo Sujadi Adiwijaya Sekretaris RW 04 mencari lokasi pemusnahan unggas yang mengandung Virus Flue burung H5N1 . Lurah Jakamulya Bapak Cecep Sukamwijaya menunjuk lokasi pembakaran ditempat fasum yaitu dihalaman Kantor RW 05 Jakamulya , setelah berkoordiasi dengan Ketua RW 05 dan sudah clear tempatnya maka mulailah digali lubang sedalam 1,5 meter x 1 x 1 meter .

Sebelumnya berkoordinasi dengan bapak Sumarsono Staff RW 05 Jakamulya  pada pagi hari jam 07,00 , jam 08.00 Ketua RW 05 sudah berada dilapangan , kemudian datang Bapak Lurah Jakamulya , di RW 05 .

Jam 10.00 pagi datanglah Team dari Dinas Perekonomian Rakyat yang datang adalah Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Bekasi  berikut stafnya untuk melakukan pemusnahan unggas .

Sebelumnya telah diedarkan kewarga yang mempunyai unggas yang telah diperiksa agar menyerahkan burung2 yang telah diteliti oleh Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor kepada  Pengurus RW 04 untuk dimunaskan .

Jam  10.00 Para Pengurus RW 04 dan para Ketua RT 01 , 02 ,03 dn 04 berkeliling ke rumah rumah yang mempunyai burung , ternyata burung dan sangkar sebagian warga sudah ada yang dipindahkan ketempat lain ,

Setelah dilaporkan kepada Lurah dan Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan maka dibakarlah hewan2 yang ada .  Sedangkan warga yang tidak menyerahkan akan dilacak oleh Lurah guna dipertanyakan mengapa tidak diserahkan ke Dinas Peternakan , sebab hewan yang sudah terkena virus berbahaya bagi warga yang tertular ..

Para penggali mulai mencangkul tanah di lokasi fasum RW 05 Jakamulya pada jam 08.00  yang disaksikan oleh Bpk Sumarsono Staff RW 05 dan Sekretaris RW 04 yang tidak nampak karena dialah yang selalu mengambil foto2nya untuk pengisian blog RW 04 , kuburan masal burung2 yang terjangkit virus H5N1 ( flue burung )

Tampak Ketua RW 05 Jakamulya sedang menyaksiikan lokasi penggalianuntuk penguburan masal burung2 yang terkena virus H5N1.

Dari kiri Ketua RW 04 Bp H Sabdo Goentor , Bp Cecep Sukmawijaya Lurah Jakamulya , Ir H Sudarthi MSA Staf Keungan RW 04 Jakamulya sedang mendengarkan pengarahan dari Lurah jakamulya.
Dua Petugas sedang memusnakahkan unggas 2 yang telah disiapkan untuk dibakar.
Para Warga dari RW 04 dan Para Ketua RW 05 , 09 , 04 dan Rw 09 Jakasetiamendengarkan penjelasan dari Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bekasi  Selatan.
Ibu PKK RW 04 Jakamulya ikut menyaksikan dan ikut menyediakan konsusumsi bagi opetugas dan tamu2 lainnya yang datang ke Pendopo RW 04 Jakamulya Bekasi  Selatan.
Topi dan masker yang sesuai standar WHO dikenakan petugas saat membakar , sesudah membakar pakain tersebut dibakar juga .
Dua Petugas pemusnah unggas berpakaian khusus sesuai prosedur WHO dalam proses pembakaranburung milik warga RW 04 Jakamulya , sedang pembakaran di lokasi Fasum milik RW 05 Jakamulya .
Warga RW 04 Bapak Suharto pemilik Toko Bahan Makanan Ternak dan penjual burung yang berlokasi di RW 04 dekat Puskemas Jakamulya , Pasar Jamblang dengan sadar menyerahkan burung dan sangkarnya untuk dimusnhkan oleh Petugas
Add caption
Pakaian khusus sedang disiapkan oleh staff dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemda Bekasi, tadi jam 10.00 bertempat di di RW 05 Jakamulya 
Petugas sedang membakar ayam dan burung yang telah dipotong lebih dahulu baru dibakar .beserta sangkarnya  yang dilakukan di RW 04 Jakamulya lokasi di RW 05 Jakamulya pada hari Sabtu mulai jam 10,00 sampai dengan jam 12.30 WIB  yang disaksikan oleh Lurah Jaka mulya dan Ketua RW 04 dan RW 05 beserta para Ketua RT .
Dengan pakain khusus sesuai dengan Prosedur WHO maka unggas unggas dimusnahkan oleh Team Dinas Peetrnakan dan Kesehatan Hewan  Bekasi .
Sosialisasi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bekasi sebelum diadakan pemusnahan burung dan ayam baik yang positip maupun negatip dari RW 05 , 06,07 , 08 ,  09 dan 04 berkumpul di Pendopo RW 04 Jakamulya Bekasi Selatan
Sangkar burung dan burung2 dari RW 04 yang akan dmusnakan karena mengandung virus H5N1 ( virus flu burung ). hari Sabtu tanggal 26 Maret siap dibakar kemudian dikubur oleh tem dari Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Bekasi .

Dua staff Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bekasi sedang melakukan pemusnahan burung, ayam fdari wraga RW 04 Jakamulya Bekasi Selatan , yang dipotong dulu baru dibakar dan dikubur  di lokasi fasum RW 05 Jakamulya ..












Tidak ada komentar: