Senin, 21 Maret 2011

Kegiatan Kerjabakti RW 04 Jakamulya tanggal 20-11-2011 hari Minggu jam 08.00







Warga RW 04 yang ikut berparstisipasi kerja bakti secara gotong royong dilingkungan RW 04 Jakamulya, merekalah yang mempunyai peduli kebersihan lingkungan dan kegiatan sosial .

Ketua RW 04 H Sabdo Goentoro , pa Asmoro , pa Iman saling bersilaturahmi dalam kerja bakti ini .

Didepan Pendopo RW 04 Kelurahan Jakamulya , bekasi Selatan warga yang sadar akan kegiatan sosial yaitu kerja bakti , masayarakat membersihkan lingkungan RW 04  demi kepentingan bersama .

Wrga RW 04 yang sadar kebersihan lingkungan dan keindahan lingkungan tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi bergotong royong demi kepentingan bersama RW 04 .

Tampak lapangan RW 04 Kelurahan Jakamulya dibersihkan dengan secara gotong royong oleh warga yang mempunyai kesadaran tinggi dalam memelihara kebersihan demi kesehatan bersama dan keindahan lingkungan RW 04 Jakamulya.

Dengan keimanan kepada Tuhan Allah ymk ,  semangat gotong royong , kebersamaan , kekeluargaan , kerelaan , keichlasan , diantara warga RW 04 semua masalah insya Allah  dapat ditanggulangi , semoga amal tenaganya dalam ikut berpartisipasi untu kepentingan masyarakat dapat balasan dari Allah swt . Amin

Membersihan rumput  rumput dipinggir got lapangan RW 04 Jakamulya agar tampak indah oleh warga RW 04 Jakamulya , secara sukarela.

Tampak  warga RW 04 yang sudah sepuhpun ikut bekerja bakti , dapat menjadi contoh yang muda muda yang masih banyak tenaganya . Seba gotong royong menghasilkan keakraban diantara warga  dan dapat digunakan sebagai sarana silaturahmi  bagi yang ikut kerja bakti

Biarpun usia sudah senja sebagian besar ikut bekerja bakti dalam kegiatan sosial ini , sebab nantinya akan memetik buahnya juga apabila nanti ada keperluan yang memerlukan banyak warga.

Lapangan RW 04 Jakamulya yang rencananya akan direnovasi oleh warga sendiri dengan biaya warga , sementara baru terkumpul Rp. 1.000.000,- sement 30 zak , jadi masih jauh dari bug=dgetnya yaitu Rp. +/- 20 juta rupiah , sehingga pembangunan belum dimulai.

Sesuai dengan selebaran dari Ketua RW 04 H Sabdo Goentor maka pada hari Minggu tanggal 20-03-2011 jam 08.00 ada kerja bakti dilapangan Olah Raga Rw 04 Keluarahan Jakamulya , Bekasi Selatan .
Sebelum jam 08.00 ternyata warga RW 04 sudah ada yang datang kelapangan RW 04 untuk ikut kerja bakti membersihkan lingkungan lapangan RW 04 Jaka Mulya ,. Ternyata  undangan mendapat respon yang baik dari wrga RW 04 yang sadar akan  kebersihan dan lingkungan serta mempunyai kesadaran tinggi untuk berpartisipasi menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk kepentingan masyarakat . Kesadaran dan keichlasan untuk bergotong royong ini adalah mencerminkan ahlak yang baik dimana persaudaran antar warga dapat terpelihara dengan baik.

Melalui kerja bakti bersama diharapkan kekompakan keluarga , kebersamaan bersama , kesadaran sosial bermasyarakat disekeliling rumah dapat ditrapkan dengan adanya silaturahmi diantara warga . Sebab lingkungan tetangga adalah yang paling pertama mengetahui kejadian kejadian diantara tetangga , sehingga apabila terjadi musibah  masyarakat disekliling kitalah yang akan bertindak  pertama kalinya .

Maka kerja bakti sebetulnya dapat dijadikan sarana bersilaturahmi saling mengenal antara sesama warga rw 04 , saling kerja sama gotong royong diantara warga yang selama ini hampir hilang  terutama dikota besar  , saling bertukar pikiran , saling membicarakan bussines  yang meguntungkan , selain itu kalau kita bertemu dijalanan kita akan mengenalnya dan menyapanya karena sering bertatap muka waktu kerja bakti.

Dari seluruh warga RW 04 yang berjumlah +/- 120 kepala keluarga yang datang bekerja bakti tidak ada separohnya , tetapi kita maklumi kemungkinan hari Minggu pagi hari ada yang sakit , ada yang punya keperluan  penting lainnya , seperti beribadah di Masjid , gereja , klenteng , dan lain lain , tetapi dalam hal ini pengurus memang tidak tahu sebabnya, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Sehingga  diwaktu yang akan datang sebelum mulai bekerja bakti dilapangan akan ada datar hadir , gunanya untuk menghitung jumlah konsumsi yang akan disediakan oleh Pengurus RW 04 , juga untuk mengetahui secara pasti jumlah warga yang tidak datang , serta apa sebabnya yang datang sedikit , sehingga bagi yang tidak datang kelapangan paling  tidak memberi tahu kepada pengurus RW 04 baik tertulis maupun lisan sebelumnya .

Sebab bagi warga RW 04  yang tidak pernah datang sama sekali untuk kerja bakti pada kenyataannya akan berdampak negatip terhadap warga itu sendiri  . Para wargapun akan bertanya tanya terutama kepada pengurus RW , hal ini dapat dimengerti . Memang kerja bakti tidak boleh memaksa warga untuk datang , tetapi karena kesadaran masing masing, dan hak mereka untuk datang maupun tidak datang sebab kegiatan ini hanya bersifat sosial .

Tetapi kalau memberitahu  sebelumnya kepada pengurus RW 04 tidak ada salahnya ,  mengapa tidak datang , mungkin karena ada urusan , ibadah , sakit , atau berkunjung kerumah saudara , atau keperluan lainnya yang mendadak ,sehingga warga yang selalu datang bekerja bakti akan tahu dengan jelas sehingga tidak bertanya tanya , sehingga tidak mendatangkan dampak negatip  kepada mereka yang tidak pernah datang.. 

Kerja bakti mncabuti rumput disela sela conblock oleh Bp Suwandi , Ahani , dll dilapangan RW 04
 Untuk kerja bakti dimasa yang akan datang semoga lebih banyak lagi yang datang  unuk ikut berpartisipasi bekerja bakti menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk keperluan masyarakat , semoga yang datang kerka bakti mendapatkan rachmat dan hidayahnya dan mendapatkan kesehatan dari Allah yang maha kuasa, sumbangan amal tenaga kerja nya untuk kepentingan masyarakat kita mendapat balasan dari Tuhan Allah yang maha pengasih , Penyayang dan maha kuasa  . Amin .

Tidak ada komentar: