Jumat, 24 Desember 2010

Situ di Cikunir , Jakamulya Bekasi Selatan.

Situ di Cikunir banyak tumbuh enceng gondok yang mebyebabkan pendakalan situ , juga pembuangan sampah menyebabkan situ menjadi sempit.

Situ di Cikunir Kelurahan Jakamulya , punya potensi ekonomi , pariwisata , perikanan dll.Tampak sampah2 dipinggir situ menyebabkan pencemaran air

Situ yang terletak di Cikunir , Kelurahan Jakamulya , adalah sebuah situ yang pemiliknya belum saya ketahui. Tetapi biasanya sebuah situ adalah milik pemerintah yang digunakan untuk kemaslahatan masyarakat disekitar.

Apabila situ itu dikelola dengan baik akan menghasilkan  suatu yang sangat berguna bagi masyarakat sekitarnya  dan pendapatan Pemda Bekasi.

Situ tersebut apabila hujan terus menerus maka akan mendatangkan banjir di daerah hilr seperti Jakamulya , dan sekitarnya .

Untuk menghindari banjir sebaiknya situ itu dikelola Pemerintah dimanfaatkan semaximal mungkin. Situ makin lama makin dangkal , karena jarang dikeruk untuk membuang lumpur2 , kotoran2 yang ada .

Menurut pendapat & saran kami sebagai warga Jakamulya  Situ perlu dibangun seperti waduk  , lumpur2 dkeruk dan Situ dikembalikan keberadaannya  seperti dulu dengan luas yang cukup lumayan . Kalau perlu tanah tanah disekitarnya yang kosong dibeli sehingga  Situ terpelihara dan ada tanah untuk kantor pengelolaan Taman rekreasi , sehingga sekelilinya ditembok / pagar

Kami didaerah hilir sangat menginginkan agar situ itu dikeruk dan dibuat lebih dalam , disekitar situ dilarang ada bangunan , kalau dapat dipagar oleh Pemerintah , jika itu memang milik Pemda. Tetapi kalau itu diakui milik perseorang coba ditelusuri apakah kepemilkannya sudah sah , kalau sudah sah sebaiknya dibeli oleh Pemerintah untuk dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat & menjaga lingkungan hidup  atau ke pemilikmodal yang mempunyai tekad membantu menjaga lingkungan hidup di Jakamulya ..
Kalau tidak dikelola sekarang dengan baik banjir akan datang kedaerah daerah hilir. 

Situ dapat diperbaiki pinggir pinggirnya dijadikan tempat rekreasi  masyarakat sekitar , dibuatkan perahu motor kecil , lalu dibuat tempat memelihara ikan , pinggir situ dibuat tanaman2 yang dapat mencegah banjir serta dapat menjadi peresapan air , dapat pula didekat Situ  dijadikan arena permainan anak2 seperti komidi putar permanen , dan lain lain permainan anak2. Juga perlu lahan untuk perpakiran bila dijadikan taman rekreasi ..

Pemda dapat bekerja sama dengan investor mana saja yang berminat & mempunyai modal besar untuk taman rekreasi , sehingga didaerah Jakamulya Bekasi Selatan mempunyai tempat rekreasi yang dekat & terjangkau oleh masyarakat disekitarnya .

Mulai sekarang agar dilarang buang sampah dipinggir situ , selain jadi sarang penyakit juga airnya dapat tercemar .

Demikian pemikiran kami untuk jangka panjang , semoga dapat berguna bagi masyarakat sekitarnya.

Tidak ada komentar: