Senin, 16 Juli 2012

Rapat pembacaan hasil pemilihan di masing masing RT lingkungan RW 04 Jakamulya , Bekasi SElatan.

Pada hari MInggu tanggal 15 Juli 2012 di Pendopo RW 04 diadakan rapat / pertemuan Ketua RW dan wakil2 warga RW 04 untuk membacakan hasil angket  masing masing2 RT  dilingkungan RW 04 .

Pemilihan diadakan dengan menyebar isian untuk memilih Ketua RW secara tertulis dengan mendatangi kemasing masing warga , ini dilakukan karena mencari sistim yang effesien dan dengan biaya yang murah serta berdasarkan pengalaman2 beberapa kali rapat  pemilihan.
Dalam rapat pemilihan Ketua RT yang diundang seluruh warga selalu saja yang datang hanya beberapa orang saja , sehingga sebenarnya tidak memenuhi persyaratan rapat dalam pengambil keputusan. Sedang apabila dengan formulir yang dibagikan kepada semua warga akan tercapai suara yang maksimum +/-90 % .

Pada kesimpulannya RT 01 menginginkan  Ketua RW 04 yang lama tetap jadi Ketua periode 2012 s/d 2015.

Ketua RT 02 menyampaikan bahwa hasilnya menginginkan Ketua RW 04 H Sabdo Goentoro melanjutkan terus kepengurusannya sampai periode 2012 - 2015.

Ketua RT 03 sepakat dari warganya agar Bp H Sabdo Goentoro melanjutkan kepengurusannya sampai periode 2012 - 2015.

Ketua RT 04 , karena daftar questionernya tidak memenuhi  syarat2 pemilihan , dilihat waktu menedarkan , dan sattus Ketua RT 04 yang sudah habis masa kepengurusannya .maka akan diulang mengadakan pemilihan secara tertulis kemasing masing warga  Rt 04 . dengan waktu 2 minggu .

Sedang untuk RT 01 , 02 dan 03 sudah bulat memakai data2 yang telah berjalan
 dan tidak akan membuat pemilihan ulang .

Undangan rapat   dipermasalahkam karena yang mengundang Bp Purnomo S Adiwijaya sebagai warga seharusnya tidak ada hak untuk mengundang.
Maka Panitia minta maaf atas kekeliruannya .

Maksud undangan sebenarnya untuk mempercepat pelaksanaan pemilihan Ketua RW 04 , sehingga Bpk. Agus Riyanto ambil inisiatip membuat undangan tetapi tidak ada yang mau menandatangani , seharusnya  Ketua RT 01 , 02 , 03 dan 04 lah yang mengundang , tetapi mereka tidak mau ikut tanda tangan di undangan  Tetapi karena sudah 2 bulan belum ada pelaksanaan pembahasan hasil angket yang disebarkan kewarga , demi kelanjutan kepengurusan RW 04  atas inisiatip  Bpk Agus Riyanto  agar  Purnomo menanda tangani surat undangan dengan maksud baik , semula memang Bp Purnomo S A sudah tidak mau ikut mengundang   jadi sama sekali diluar dugaan telah keliru , tanpa pikir panjang Bp Purnomo tanda tangan untuk mengundang sebagai Panitia pemilihan atas nama ke empat RT ., yang penting pelaksanaan rapat dapat berjalan tanpa ditunda tunda , memang maksudnya ya semata mata untuk kebaikan  namun sebagai manusia sesekali terpeleset juga sehingga khilaf lupa akan aturan .  .

Memang takdir telah datang dari Allah swt kepada Purnomo seperti itu , sehingga timbul  kesalahan / kekeliruan . kekhilafan pun terjadi teapi tidak mengapa untuk pelajaran selanjutnya , untuk itu kami mintaa maaf atas kekliruannya dan terima kasih atas tegurannya . Sehingga rapatpun berjalan dengan baik dengan beberapa kritikan membangun .

Hasil angket yang menentukan adalah masing masing warga , yang dilaksanakan oleh masing masing Ketua RT sebagai pelaksana pemilihan Ketua RW 04  , masing masing RT mempunyai formulir yang berbeda beda tetapi tujuannya adalah sama memilih Ketua RW yang baru .
Jadi tidak ada pengarahan sama sekali  agar memilih kembali Bp Sabdo Goentoro untuk lanjut . Jadi pengisian formulir bebas dan rahasia Pengurus RW sama sama sekali tidak bisa ikut memaksa memilih seseorang  dalam hal memilih Ketua RW 04 .
Pe4milihan Ketua RW sama sekali tidak ada maksud terselubung / samar sanmar  mengarahkan , semuanya tergantung warga RW 04 .

 Jadi Ketua RW adalah hal yang penuh tantangan , penuh pengabdian  , penuh dediksi , penuh dengan cercaan , caci maki , penuh dengan idea2 untuk membantu pelayanan kepada warga  dengan mudah ,memperbaiki kesehatan , kebersihan lingkungan , penghijaauan , pembrantasan penyakit menular ,  mengayomi warga, memberikan surat2 yang dibutuhkan untuk kematian , beasiswa dll.
Maksud baik Ketua / Pengurus kadang2 disalah artikan oleh sebagian warga sebaliknya , itulah tantangan jadi Ketua RW , adalah tempat menampung kesalahan2 , tempat pengaduan dan tempat penyelesaian masalah2 yang terjadi di masyarakat lingkungan RW 04.

Sekretaris RW adalah paling banyak bekerja membuat surat pengumuman ,  undangan , memelihara arsip2 RW 04 ,   Blog RW 04 .

 Juga Bendahara RW  adalah yang paling banyak berhubungan dengan warga dan pihak luar dalam soal pembayaran sampah , keamanan , biaya operasional RW , biaya  pemeliharaan Taman , lapangan Olah Raga , dan lain lain. Sehingga pembukuan setiap  waktu ada perubahan Saldo Kas RW.


Maka apabila ada warga yang bersedia menjadi Ketua RW sangat salut atas kesediannya , mereka sebenarnya hanya mengharapkan pahala dari Allah swt semata ..

Dalam rapat Minggu 15 Juli 2012   Ketua RT 04 dipermasalahkan waktu jabatannya telah selesai , sehingga perlu perpanjangan waktu masa kepengurusannya sampai ada pemilihan ketua RT 04 yang baru .
Surat SK Perpanjangan yang sudah dikeluarkan pada bulan Mei  dengan waktu sampai tahun 2015 agar direvisi  hanya sampai waktu ada pemilihan Ketua RT 04 yang baru .

Ketua RT 02 Bpk Mulyadi mengundurkan diri mulai tanggal 7 Januari 2012 , maka kepengurusan sementara  diserahkan kepada Sekretarisnya yaitu Bpk. Susanto Widodo sampai dengan ada pemilihan Ketua RT 02 yang baru .
Agar dibuat SK untuk Bp Susanto Widodo sebagai Ketua RT 02 .

Rapat memutuskan mengukuhkan Kepanitiaan Pemilihan Ketua RW 04  yaitu :

 1.  Bpk. Purnomo ujadi Adiwijaya
 2.  Bpk. Agus Riyanto
 3.  Bpk.  Susanto Widodo 

 Selama masa Kepengurusan RW 04 belum terbentuk yang baru Rapat memutuskan agar Ketua RW 04 lama Bp Sabdo Goentoro tetap menjalankan tugasnya sampai ada keputusan Ketua RW yang baru .

Rapat kali ini dengan mengundang +/- 50 orang yang datang hanya 16 orang, sehingga tidak memenuhi sayarat untuk bermusyawarah , dimana yang datang minimal 50 % + 1 .

Tidak ada komentar: