Sabtu, 29 Desember 2012

Penyuluhan Pertanian dari Pemda Bekasi oleh Sku Dinas Perekonomian Ibu Ika dan Ibu Muji di RW 04 Jakamulya Bekasi Selatan.

Pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 jam 10.00  RW 04 Jakamulya kedatangan Team Penyuluhan Dinas Perekonomian bidang  Pertanian  Ibu Ika dan Ibu Muji  dari Pemda Bekasi Kecamatan Bekasi  Selatan  .

Kedua ibu membawa alat alat peraga dan contohnya untuk diberikan kepada RT 03 RW 04 sebagai pecontohan  poenanaman cabe dan sawi untuk memenuhi kebutuhan sauran bagi Ibu Ibu Rt 03 RW 04 Jakamulya Bekasi  Selatan  .

Tempat menanam berupa talang pralon segi panjang kira kira panjang 1 ,25 meter , kemudian bawahnya diberi lobang  untuk pembungan air , setelah itu diberikan pupuk diatas pralon.

Setelah pupuk campur tanah merata ditanamlah biji sawi dan biji cabai yang dibawa oleh team penyuluhan .

Jumlah talang dari pralon  yang dibawa berjumlah 25 buah dicat warna biru  yang akan dibagikan ke warga RT 03 RW 04 untuk dicoba .

Contoh tempat untuk persemaian bibit2 cabe dan sawi
Dikanan dan kiri ibu ibu dari Dinas Perekonomian Bekasi .

Iu istri Ketua rt 03 sedang menebar biji cabai di tempat penyemaian yang diaksih oleh Pemda Bekasi .

Warga RT 03 Bpk Martin Irawan SE ,MM ikut membantu menebar benih cabe dan sawi .

Ketua RT 03    RW 04 Bp H Asmoro dan Sekretaris RT 03  H Gunarwain ikut menyaksikan penyuluhan  Pertanian .

Bp  Antonius Aries Sudiarto sedang memasukkan tanah campur kompos

Tanah campur pupuk diaduk aduk dipindahkan ke tempat penanaman yang terbuat dari talang pralon yang telah diberi lubang 3 buah agar air dapat keluar merembes  kebawah .

Talang dari pralon berjumlah 25 buah untuk setiap rumah di RT 03 RW 04 untuk percontohan pertanian dirumah tangga masing2 behubung tanah pertanian di RW 04 Jakamulya sangat sempit .

Bpk  H .Agus Riyanto dan Ketua RT 03 RW 04 Bp H Asmoro ikut pulan menyiapkan peralatan yang diperlukan

Taman Apotik Hidup RW 04 Jakamulya sekarang sudah tmbuh tanaman2 dengan subur karena tersiram air hujan selama ini . Warga sudah mulai memanfaatkan tanaman2 tersebut seperti daun jeruk , daun jarak , tomat , daun sambung nyawa , , daun salam , daun jeruk , timun dll. Begitu pula pohon2 penghijauan sudah mulai dimanfaatkan oleh warga seperti daun pepaya , buah erong , buah jeruk , ubi jalar ,

Jalan Kepodang RT 03 RW 04 yang  tampak bersih dan rapi karena baru saja dicor cement oleh Pemda Bekasi , warga merasa gembira dengan telah selesainya dicor cemen .bagian ujung barat ada beberapa meter yang belum sempat dicor  . Kita harapkan pada tahun 2013 sisa yabg berada diujubg barat jalan Kepodang dapat dicor

Tidak ada komentar: